Hari ini Microsoft akan memakai Kernel Linux

MCU Chip
Penampakan Chip baru.

Sistem Operasi selanjutnya dari Microsoft berdasarkan Linux

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan terbesar untuk komputer desktop saat ini yaitu Microsoft. Mereka mengumumkan bahwa adanya pengembangan untuk sistem operasi terbaru menggunakan Linux bukan lagi dari Windows. Sistem operasi tersebut digunakan untuk keperluan IoT(Internet of things) yang dikenal dengan nama Azure Sphere OS.

Seperti dikutip dari laman thurrott.com bahwa pada tanggal 16 April 2018 berlangsung sebuah rapat yang membahas tentang sistem keamanan yang disiarkan melalui internet (webcast). Microsoft memberikan solusi keamanan untuk perangkat IoT yang akan disandingkan dengan layanan awan Azure pada semua jenis perangkat IoT mereka.

Berikut pernyataan dari tuan Brad Smith sambil menggenggam chip untuk IoT (MCU) :
“Tentu saja kami adalah perusahaan Windows, sejauh apa yang kami pahami bahwa ukuran ini adalah solusi terbaik untuk suatu komputer, kecil seperti mainan dan bukan sepenuhnya menggunakan Windows. Inilah yang kami buat disini.”

Pada siaran langsung tersebut Microsoft menunjukkan sedang membuat sistem operasinya yang bernama Azure Sphere OS. Sebuah sistem operasi yang dikhususkan kepada chip MCU untuk keperluan perangkat IoT yang berbasis kepada kernel Linux.

Kemudian Smith melanjutkan dengan pernyatannya seperti berikut ini. “Ini adalah sebuah kernel Linux khusus yang dilengkapi dengan kemampuan mutakhir yang dibuat sendiri oleh Windows. Kepada semua orang yang telah bersama dengan Microsoft, saya yakin anda sudah mengetahuinya, setelah 43 tahun berlalu, ini adalah hari pertama kami akan mulai menyebarkan kernel Linux buatan sendiri. Ini merupakan lompatan penting bagi kami, terutama di dalam industri ini. Ini akan menjaga kami untuk tetap mengikuti teknologi masa kini yang saya yakin ini adalah kebutuhan di dunia saat ini.”

Pada akhir siaran ini, Smith akan memberikan dukungan selama 10 tahun untuk Azure Sphere OS begitu juga dengan layanan enterprise dari Microsoft. Karena ini adalah masalah keamanan dari webcast, kamu mungkin akan bertanya-tanya bahwa dimana letak posisi keamanan yang dibicarakan pada hari ini. Ternyata, ini merupakan bagian ketiga setelah Azure cloud dan Azure Sphere OS dalam teka-teki ini. Sebagai bentuk nyata, Microsoft telah membuat Azure Sphere Security Service yang akan melindungi setiap perangkat Azure Sphere seperti dari mengamankan device-to-device, komunikasi device-to-cloud, mendeteksi ancaman yang muncul, dan memperbarui dirinya sendiri ketika diperlukan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *